Memuat...
27 October 2014 15:43

Daftar Balai Latihan Kerja Luar Negeri di Seluruh Wilayah Indonesia

Salah satu proses yang harus dilalui oleh calon Buruh Migran Indonesia (BMI) pra penempatan, adalah menjalani pelatihan untuk menguatkan keterampilan. Pelatihan tersebut biasanya dilakukan di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN). Kepemilikan BLK-LN bisa berada di tangan pemerintah, maupun pihak swasta. Pada dasarnya, setiap Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) mestinya harus memiliki balai latihan kerja. Namun demikian, masih banyak PPTKIS yang tidak memiliki BLK-LN. Dari jumlah total 535 PPTKIS di seluruh Indonesia (Data Kemenakertrans bulan Februari 2014), hanya ada 189 BLK-LN.

Berikut adalah daftar nama BLK-LN di seluruh wilayah Indonesia yang disertai alamat dan kawasan pengirimannya:

Berdasarkan data di atas, bisa diketahui bahwa BLK-LN paling banyak adalah balai yang melatih BMI untuk penempatan di kawasan Asia Pacific (ASIA PASIFIK/ ASPAC). Negara kawasan ASPAC tersebut meliputi Taiwan, Hong Kong, Singapura, Tiongkok (Cina), Malaysia, Brunei Darussalam, Jepang, Korea Selatan dan lainnya. Sedangkan BLK-LN terbanyak selanjutnya adalah balai latihan untuk penempatan di kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, UEA, Jordania, Bahrain, Qatar, dan lainnya.

Data BLK-LN di atas diperoleh melalui laman Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) di: http://www.bnp2tki.go.id/frame/8972/Alamat-Balai-Latihan-Kerja-Luar-Negeri.html. Namun demikian, data tersebut masih belum dilengkapi dengan data kodifikasi, antara BLK-LN milik pemerintah dan BLK-LN milik swasta. Data di atas, masih didasarkan pada wilayah BLK-LN di Indonesia.

Komentar

Tidak ditemukan hasil.