Memuat...

Yordania

STATUS: Moratorium (Pemberhentian Penempatan), Belum ada MoU Indonesia-Yordania dalam hal penempatan TKI 
Mata uang
Mata uang Yordania adalah Dinar Yordania (Kode: JOD).  Sebuah dinar tunggal dapat dibagi menjadi 10 dirham, 100 qirsh atau 1000 fils. Satu dinar Yordania saat ini sama dengan sekitar 1,8 Euro, atau 1,41 dolar AS. The Yordania Dinar telah menjadi mata uang resmi wilayah Kerajaan sejak tahun 1950, hanya empat tahun setelah Jordan menjadi negara merdeka.
Iklim
Jordan memiliki iklim sedang. Suhu rata-rata musim panas sekitar 86 derajat Fahrenheit, atau sekitar 30 derajat Celcius. Daerah ini dianggap semi-kering, dengan musim panas yang panas dan musim salju yang dingin.
Bahasa
Bahasa resmi Yordania adalah Standard Arab, sedangkan bahasa Inggris dan Perancis hanya diajarkan di sekolah umum. Bahasa Jerman juga mendapatkan popularitas di Yordania. Sekitar 92 persen dari populasi Yordania adalah Muslim Sunni. Jordan dianggap salah satu negara di Timur Tengah yang unggul dalam hal teknologi informasi, dan memiliki penampilan internet yang sangat kuat. Sekitar 75 persen konten Arab ditemukan online yang dihasilkan dari Yordania.
Kondisi Ketenagakerjaan 
A. Gaji Standar
Data yang didapat dari portal BNP2TKI, dari tahun 2012 hingga saat ini gaji bagi Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) adalah sebesar 220 USD (Dollar Amerika Serikat). Angka tersebut sudah mengalami kenaikan dari gaji awal yakni 150 USD.
B. Syarat dan Dokumen yang Dibutuhkan
  • KTP yang menunjukkan bahwa Anda telah berusia 18 tahun, atau 21 tahun jika Anda dipekerjakan sebagai Penatalaksana Rumah Tangga (PRT);
  • Akta kelahiran, Ijazah sekolah, Kartu Pencari Kerja;
  • Keterangan sehat: wanita sedang hamil tidak diijinkan berangkat;
  • Surat ijin dari suami/istri/orang tua/wali dengan diketahui oleh Kelurahan/Desa;
  • Lulus pendidikan formal minimal SMU;
  • Lolos entry test (ujian masuk);
  • Memiliki Kontrak Kerja yang ditandatangani oleh TKI dan pengguna / majikan; Kartu Peserta Asuransi; Buku Tabungan pada Bank di Indonesia; serta ID Card setelah tiba di Yordania;
Melaporkan keberadaan TKI di perwakilan RI setelah TKI tiba di Yordania dan bekerja beberapa waktu meminta ijin atau waktu kepada majikan untuk melaporkan keberadaan, pekerjaan dan bekerja pada siapa kepada Kedutaan Besar RI di Yordania. Tentunya untuk mendapatkan ijin tersebut TKI harus bisa menyampaikan keinginan anda dengan sebaik-baiknya, agar pihak majikan tidak memberikan pengertian yang kurang baik.
Bilamana belum diijinkan oleh majikan, TKI dapat melaporkan kepada Kedutaan Besar RI Yordania melalui surat.
C. Sektor Kerja
Tahun 2014 sekarang, Pemerintah Indonesia masih menjalankan moratorium pengiriman TKI di sektor domestik. Namun demikian, kunjungan Raja Yordania di awal tahun ini juga telah membuka celah lowongan kerja di negara tersebut. 

Country : Jordan

Tulis Ulasan

RINGKASAN PENILAIAN

Penilaian Keseluruhan

Sangat Buruk
Buruk
Biasa
Bagus
Sangat Bagus

Item Penilaian

Rata-rata penilaian, dimana nilai yang ditentukan adalah 1-5 (satu sampai lima)

Jaminan hukum untuk pekerja migran 2.8333
Kelaikan gaji pekerja asing 2.5
Keamanan untuk pekerja asing 2.8333

Daftar ulasan untuk Yordania

Carni
25/06/2014 15:44
Gaji Tidak Dibayar

Saya kurang mendapat perhatian, bahkan majikan menipu saya. Saya dibohongi untuk perpanjangan kontrak selama satu tahun lagi, tetapi gaji tidak dibayar. Saya hanya diberi Resi kiriman uang yang tahun pertama.

You must login first here

Lasih
25/06/2014 15:34
Kerja Terlalu Berat dan Gaji Minim

Selama di Yordania kerja terlalu berat, dan kalau meminta gaji susah. Kesehatan kurang terjamin.

You must login first here

Raswi
25/06/2014 15:27
Beruntung

Saya pribadi, mungkin salah satu orang yang beruntung. Saya tak memiliki kendala dari awal datang sampai pulang.

You must login first here

Wiwin
25/06/2014 15:24
Dibawa ke Mesir

Pada awalnya ditempatkan di Yordania, kemudian ikut majikan ke Kairo (Mesir). Gaji lancar, tapi masih sama dengan gaji di Yordania.

You must login first here

umiah
24/06/2014 22:52
Tidak Diperbolehkan Keluar

Saya tidak boleh keluar rumah oleh majikan. Selain itu, majikan juga pelit.

You must login first here